Tingkatkan Performa Bus Pariwisata Dengan Langkah Perawatan Yang Benar

Tingkatkan Performa Bus Pariwisata Dengan Langkah Perawatan Yang Benar

Meskipun sudah berusia puluhan tahun, sebuah bus pastinya masih bisa menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer dari kota keberangkatan menuju kota tujuan. Misalnya sewa bus pariwisata Jakarta, karena digunakan untuk kepentingan bisnis, maka harus dilakukan perawatan secara berkala dengan langkah – langkah yang baik dan benar. Dengan begitu, bus pariwisata yang disewa bisa terus beroperasi dengan performa maksimal seperti saat pertama kali digunakan.

Langkah Perawatan Bus Pariwisata Yang Baik Dan Benar

Bus pariwisata paling sering digunakan sebagai alat transportasi massal untuk pergi bersama rombongan baik untuk keperluan kunjungan atau dimanfaatkan untuk liburan. Karena alat transportasi ini memiliki daya angkut sangat besar, maka perawatannya tak boleh diabaikan.

Oleh karena itu, setiap penyedia jasa sewa bus perlu memahami bagaimana cara melakukan perawatan bus pariwisata supaya bus tetap dapat digunakan secara aman dan nyaman.

Cek Kondisi Mesin Secara Berkala

Mesin yang telah diketahui bermasalah, tak boleh ditunda – tunda perbaikannya. Namun, masalahnya tidak banyak pengemudi yang mengetahui ciri – ciri mesin yang bermasalah. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik perusahaan jasa sewa bus pariwisata Jakarta dan perusahaan sewa lainnya perlu untuk memperhatikan kondisi mesin bus. Setidaknya, periksalah setiap kali bus pariwisata telah melakukan perjalanan yang cukup panjang. Misalnya perjalanan pulang pergi dari Jakarta – Bali. Ketika diketahui terdapat masalah, segeralah panggil mekanik atau jasa servis untuk segera memperbaikinya. Hal ini sebenanrnya bukan hanya mempengaruhi umur bis saja, tetapi juga menyangkut keamanan dan nyawa penumpang yang selanjutnya akan diangkut.

Periksa Setiap Bagian Bus

Kerusakan atau bahkan kecelakaan lalu lintas bisa saja berawal dari hal – hal kecil. Misalnya masalah yang terdapat pada mur, baut – baut, kebocoran tangki bahan bakar, minyak rem, putusnya kabel – kabel kecil dan lainnya. Oleh karena itu, bagian terkecil sekalipun yang melekat dalam badan bus pariwisata perlu diperhatikan dan dirawat. Jangan sampai hal sepele seperti itu malah menjadi penyebab kerusakan yang mempengaruhi performa bus pariwisata. Jika didapatkan masalah, segera hubungi tim mekanik atau langsung membawanya ke ke bengkel resmi.

Baca juga: MEMPERSIAPKAN KEGIATAN WISATA UNTUK MENGISI LIBURAN

Menjaga Kebersihan Interior Bus

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa hal yang satu ini paling sering diabaikan oleh pemilik bus pariwisata. Banyak yang beranggapan bahwa kebersihan interior tidak akan berpengaruh pada performa bus dalam melakukan perjalanan jauh. Padahal, hal seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kenyamanannya. Percuma saja jika bagian mesin selalu diperhatikan sehingga performa bus membaik, tetapi para penumpang enggan menggunakan bus pariwisata tersebut karena terlihat tidak nyaman. Anda bisa mulai membersihkan interior bus hanya dengan menggunakan kemoceng untuk membersihkan bagian dashboard dan langit – langit bus setiap hari. Jangan biarkan debu menempuk, karena hal ini bukan hanya mempengaruhi tampilan interior saja,  tetapi beberapa bagian seperti kulit bangku bus bisa cepat rusak karena sobek.

Pengecekan Badan Bus

Pengecekan badan bus yang paling penting adalah karet ban. Jangan sampai karet ban yang gundul dibiarkan begitu saja. Bukan hanya mempengaruhi performa bus pariwisata saja, tetapi ban yang gundul juga bisa mengakibatkan kecelakaan, karena rawan tergelincir. Apalagi di saat musim hujan. Oleh karena itu periksalah karet ban secara rutin. Sebenarnya sangat sederhana karena Anda hanya perlu melihat dan meraba apakah ban tersebut memiliki permukaan yang halus atau kasar, jika permukaannya sudah halus, maka segeralah menggantinya.

Sewa Bus Pariwisata Jakarta - Rental Hiace Jakarta - Sewa bus medium Jakarta - Sewa bus murah jakarta